Selasa, 02 Maret 2010

Article


CINTA ITU RUMIT

Cinta itu rumit ya?! Banyak banget orang yang bermasalah karena cinta. Masalahnya juga beda-beda. Sejauh ini yang gue tahu sih, cinta bertepuk sebelah tangan, cinta yang nggak disetujui orang tua, cinta sama pacar orang, cinta sama orang yang beda agama, cinta sama istri atau suami orang, cinta sesama jenis, cinta sama orang yang beda status sosial, cinta antara guru dan murid, cinta sama orang yang jauh lebih muda buat yang cewek, yang ini biasa di sebut berondong… banyak ya?!

Tapi selama cinta itu bisa membahagiakan orang yang merasakannya ya jalanin aja. Cinta itu kayak coklat sih, manis. Tapi di sisi lain juga bisa sangat pahit kayak jamu. Saking pahitnya banyak yang nggak mau jatuh cinta gara-gara kapok. (colongan, hihihi)

Ketika seseorang merasa sangat terluka karena cintanya, itu tandanya cinta yang dirasakannya sudah begitu dalam. Tapi saat cinta itu baru mulai tumbuh, akan sangat indah tiada tara. Jauh lebih indah dibandingkan dapet undian 1 Milyar (Iya nggak sih?!)

Kasih tak sampai. Beberapa yang gue sebutin tadi ada yang masuk kriteria cinta yang satu ini. Bertepuk sebelah tangan? Itu mah udah pasti kasih tak sampai. Cinta sama pacar orang? Ya tergantung sih, kalo sama-sama cinta trus menjalin hubungan ya nggak masuk kriteria kasih tak sampai. (tapi amit2, jangan sampe deh...) Intinya kasih tak sampai itu kita nggak bisa milikin orang yang kita sayang. Mendingan nangis aja deh kalo kayak gitu. Nyesek sih...itu juga bisa termasuk cinta terlarang. Wekss!!! Yang namanya cinta terlarang ya udah pasti forbidden, nggak boleh, pamali!

Well, cinta itu rumit ya?! Susah buat dimengerti apalagi dipahami!! Uhmmm, kalo aja kita bisa memilih cinta yang kita mau, pasti nggak perlu ada tangisan karenanya. Andai aja cinta itu nggak punya rasa pahit, pasti nggak perlu ada yang patah hati. Apalagi kalo cinta itu bikin kita nangis-nangis gara-gara nggak bisa milikin orang yang kita sayang. Bisa malas makan, minum, mandi, belajar, sekolah, kuliah, ngerjain PR atau tugas, ngomong juga jadi ikutan malas. Ih gila ya cinta?!
Tapi wajar banget sih kalo jatuh cinta, pasti pengen banget milikin orang yang kita sayang. Tapi itu mungkin termasuk obsesi, bukannya cinta.

Trus, apa donk bedanya cinta sama obsesi?!
Kata temen gue sih, cinta itu tulus, tanpa pamrih, dan nggak harus memaksakan untuk memiliki orang yang kita sayang. Nah, obsesi itu ya kebalikannya. Cinta yang egois, yang musti kudu wajib milikin orang yang kita sayang.

Tapi, menurut gue, cinta nggak harus memiliki itu ya Cuma berlaku saat kasih tak sampai itu tadi. Kalo keadaannya memungkinkan, ya nggak ada salahnya donk kita milih untuk milikin dia dibandingkan melepaskannya pergi?! Misalnya, dia jomblo, kita jomblo, dia suka kita, kita apalagi... ya udah deh, jadian aja. Hehe..... tapi kalo keadaannya dia udah punya pacar, ditambah nggak cinta sama kita tapi kita ngotot pengen milikin dia.... nah loh..... itu cinta apa obsesi?

Tapi apa kata temen gue tadi sih ada benernya juga. Obsesi itu bukanlah cinta, tapi lebih kepada sebuah keegoisan seseorang yang memaksakan dirinya untuk memiliki orang yang “disayanginya”. Meskipun orang itu sama sekali nggak mencintainya dan lebih memilih orang lain. Obsesi itu membuatnya nggak menghiraukan perasaan orang yang “disayanginya”, padahal dia tahu betul bahwa orang itu terluka karenanya. Obsesi itu bukan datang dari hati, tapi hanya sebuah keinginan kuat untuk memenuhi rasa egonya. Saat melihat orang yang “disayanginya” bahagia, dia nggak akan terluka, tapi justru akan begitu marah, benci, dan ingin menghancurkannya.

Mungkin gue juga bukan orang yang paham betul soal apa itu cinta. Tapi gue Cuma mencoba menulis apa yang ada di otak gue tentang apa itu cinta berdasarkan pengalaman gue, maupun temen2 gue.

Well, actually cinta itu pada dasarnya adalah sebuah rasa yang berhak dirasakan oleh semua manusia tanpa terkecuali. Termasuk gue, elo, temen elo, kakak elo, adik elo, tetangga elo, nyokap bokap elo, om tante elo, nenek kakek elo, semuanyaaa tanpa mengenal usia.

Ngomong-ngomong tentang usia, gue sering banget liat pasangan yang udah nggak muda lagi yang kira-kira udah punya banyak cucu plus cicit, tapi masih awet dan rukun. Wuahh, gue kalo liat mereka, jadi pengen juga punya pasangan seumur hidup yang mendampingi gue sampe gue tua, di mana saat muka gue udah keriput, nggak cantik, nggak muda, dan nggak menarik lagi. Seseorang yang bukan Cuma gue sebut sebagai suami, tapi sebagai belahan jiwa yang akhirnya Allah jodohkan dengan gue. Yang selama pernikahan, nggak pernah membagi hatinya dengan wanita lain. Di mana di dalam hatinya Cuma ada gue, gue sebagai belahan jiwanya. Yang selalu mencintai gue tanpa syarat.

Setiap gue liat Tante Widyamati-Alm Om Sopan Sophian (gue sebut tante aja deh, biar lebih akrab. Hehe....), pasangan sejati yang saling mencintai sampe maut memisahkan. Sebuat potret cinta sejati. Beruntung banget tante sama om yang saling memiliki keduanya. Indah.

Bisa nggak ya gue dapet seseorang yang mencintai gue tanpa syarat dan akan mencintai gue sampe tua nanti?! Seseorang yang selamanya akan selalu ada di hati gue tanpa ada celah untuk cowok mana pun. Mungkin. Kita nggak pernah tau kan?! Let it flow......

Cinta yang selama ini pernah kita rasakan, biar menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagaimana mencintai yang seharusnya. Mencintai seseorang dengan tulus, tanpa syarat, tanpa pamrih. Cinta yang seharusnya bahagia saat orang yang kita sayang menemukan kebahagiaannya, meski bukan kita pilihannya. Tersenyumlah, maka cinta yang lain akan menghampirimu.... jauh lebih indah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar